banner here

Cara Merawat Guppy-"ku" #3 - Proses Adaptasi

- March 16, 2019

Pada dasarnya seri Merawat Guppy-"ku" ini adalah semacam diary yang berisi bagaimana saya merawat ikan guppy yang saya punya. Saya yakin banyak kekurangan didalamnya, jadi jika ada yang lebih paham mengenai topik ini mohon untuk dicantumkan sarannya di kolom komentar.

Setelah lama seri ini tidak berlanjut, akhirnya muncul lagi seri "Cara Merawat Guppy-ku".. hehehe

Pada seri kali ini saya anggap ikan telah sampai di tangan kita ya. Yaitu membahas proses adaptasi ikan.

Penting kah...???

Sangat penting. Karena jika tidak kita perhatikan, ikan yang dalam kondisi stres karena proses pengiriman kemudian pindah lagi ke lingkungan yang berbeda akan makin stres jika tidak diperlakukan dengan baik. Kondisi terburuk yang bisa terjadi, bisa menyebabkan KEMATIAN...

Lalu bagaimana cara menangani ikan yang baru kita beli..?

Proses ini dinamakan proses aklimatisasi (proses penyesuaian dengan lingkungan baru yang akan ditempati), berikut beberapa langkah yang harus teman-teman lakukan :

1. Penyesuaian suhu.

Masukkan ikan beserta plastik bungkusnya. Ini ditujukan agar suhu air dalam plastik perlahan-lahan menyamakan dengan suhu air di wadah baru, tunggu minimal 10-15 menit.

Seperti gambar berikut..


Atau bisa juga dengan memasukkannya di gelas air mineral, seperti gambar berikut...


jika ikan langsung kita masukkan, maka kemungkinan ikan akan mengalami stres karena perubahan suhu yang secara drastis.

2. Penyesuaian kondisi air.

Setelah plastik kita masukkan ke wadah selama 10-15 menit, buka plastik dan masukkan sedikit air dari wadah yang telah kita siapkan. Langkah ini bertujuan agar ikan bisa menyesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi air yang ada di tempat kita. Kemudian diamkan terlebih dahulu beberapa saat lagi. Jika ikan sudah dirasa berenang dengan normal, ikan bisa dikeluarkan secara perlahan dari plastik.

Selanjutnya...

3. Puasa.

Untuk beberapa saat, puasakan dulu ikan beberapa jam. Ini juga berfungsi agar ikan menjalani proses adaptasi dulu dengan lingkungan barunya. Karena saat proses adaptasi, ikan cenderung menurun nafsu makannya. Kalau kita pakai pakan pelet atau cacing (cacing sutra atau cacing darah) dan tidak dimakan, maka pakan akan merusak kualitas air. Akibatnya malah ikan bisa terserang jamur dan sakit.


Pesan saya, sebaiknya teman-teman bener-bener memperhatikan tingkah si ikan. Sifat dasar dari ikan guppy ini adalah ikan yang aktif bergerak. Jika ada yang aneh dari tingkah si ikan, amati fisik iakan apakah ada tanda-tanda terserang penyakit dan segera lakukan penanganan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat..

Artikel ini murni dari pendapat saya, jika ada teman-teman yang sudah pro silahkan cantumkan saran dan kritiknya di kolom komentar dibawah agar artikel ini semakin lengkap dan lebih bermanfaat..

Add your message to every single poeple do comment here!
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search