banner here

Dasar AutoCAD #6 - Perbedan line dan polyline

- March 06, 2018

Bertemu lagi dengan pembahasan AutoCAD,

Dalam menggambar suatu objek, kita tidak harus terpaku pada satu cara yang kita dapatkan dari sumber tertentu. Karena dalam program CAD ini, kita bisa menggambar objek yang sama dengan lebih dari cara yang berbeda. Jadi kita bisa bebas memilih cara mana yang kita anggap paling cepat atau biasanya cara yang paling kita suka (karena kebiasaan).

Dengan ini penting bagi kita untuk terus berkembang, mencari lebih banyak perintah yang bisa kita gunakan.

Dalam menggambar, perintah line ini bisa jadi salah satu perintah yang paling sering kita gunakan. Sedangkan perintah polyline, bisa jadi merupakan perintah yang sering kali terabaikan. Sebenarnya dari kedua perintah sama-sama digunakan untuk membuat garis lurus. Tapi, polyline mempunyai fungsi yang lebih dari itu.

Jika pada penggunaan perintah line, penggambaran garis tetap berlanjut tanpa mengakhiri perintah akan objek yang dihasilkan hanya berupa garis yang terhubung dan tidak menjadi satu kesatuan. Berbeda halnya dengan perintah polyline. Jika penggambaran terus berlanjut tanpa mengakhiri perintah, maka objek yang dihasilkan akan berupa objek yang menjadi satu kesatuan atau biasa disebut satu entity.

Sebelum cursor diarahkan ke objek
Objek dari perintah Polyline
Hasil dari perintah Polyline, jika kita arahkan kursor ke objek maka semua garis akan ikut terseleksi. Berbeda dengan hasil perintah Line, hanya garis yang tersentuh yang terseleksi (perhatikan gambar dibawah)
Objek dari perintah Line
Kemudian, jika pada perintah line hanya bisa digunakan untuk menggambar objek berupa garis lurus saja. Polyline bisa lebih dari itu, perintah polyline bisa membentuk objek garis lengkung dan garis dengan ketebalan tertentu. Yang lebih istimewa, jika semua itu dilakukan tanpa mengakhiri perintah dengan tombol enter atau esc. maka objek yang dihasilkan tetap akan menjadi satu kesatuan.

Lalu apa untungnya kalo objek itu jadi satu-kesatuan...?

Objek yang menjadi satu-kesatuan ini akan berguna jika nantinya akan diubah menjadi objek 3D, yang akan menghasilkan objek 3D Solid atau objek yang punya volume. Sedangkan objek hasil perintah line jika dirubah menjadi objek 3D hanya akan berubah menjadi mesh atau jaring dan tidak punya volume.

Kan ada perintah region...?

Betul memang, tapi menurut saya pribadi perintah region ini bisa kita gunakan jika objek sudah terlanjur dari perintah line. Jika kita mulai dari awal, bukankah lebih baik jika langsung menggunakan perintah polyline. Jadi nanti kita sudah tidak perlu lagi menggunakan perintah region.
Perintah region mempunyai fungsi untuk menjadikan beberapa objek yang terhubung (tertutup) tapi berdiri sendiri-sendiri, menjadi satu kesatuan.
Teman-teman bisa memilih sendiri nantinya mana langkah atau perintah yang kalian lebih suka. Karena ini hanya pendapat saya pribadi, jadi teman-teman bisa menentukan sendiri pilih yang mana. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, dan jika ada yang perlu ditanyakan bisa dicantumkan di komentar (kritik dan saran juga boleh). Boleh dishare jika bermanfaat..

Add your message to every single poeple do comment here!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search