banner here

Dasar AutoCAD #5 - Pentingkah Layer di AutoCAD..?

- December 20, 2017


"Gambar yang baik adalah gambar yang mudah untuk dilakukan perubahan meskipun bukan dilakukan oleh yang bukan empunya gambar"

Jika kita pikirkan, mungkin ada benarnya juga. Bukankah AutoCAD atau program CAD yang lain diciptakan untuk mempermudah proses penggambaran? bukankah tidak selamanya kita yang memegang gambar itu? pasti suatu saat akan ada yang menggantikan kita, atau mungkin saat orang lain memerlukan gambar kita untuk dirubah serta kemungkinan yang lain yang bisa terjadi.

Dengan dasar ini kita harus mempertimbangkan agar gambar yang kita buat mudah untuk dirubah meskipun oleh orang lain. Salah satu langkah yang harus dipertimbangkan yaitu penggunaan layer. Layer merupakan fitur yang disediakan untuk mengelompokkan objek (jangan orangnya yang berkelompok-kelompok). Dengan mengelompokkan objek ini kita akan mendapat manfaat :
  1. Memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan objek.
  2. Melakukan perubahan warna, jenis garis, serta ketebalan garis.
  3. Serta yang terpenting, semua objek dalam satu kelompok (satu layer) akan ikut berubah sesuai perubahan yang kita lakukan hanya dalam satu kali pengaturan.

Cara membuka menu layer & membuat layer baru

  1. Buka icon layer properties manager atau dengan shortcut "LA".


  2.  Setelah muncul jendela layer properties manager, klik icon NEW LAYER.


  3. Atur sesuai kebutuhan mulai dari warna, jenis garis dan ketebalan garis.
  4. Untuk menampilkan atau menyembunyikan layer (objek didalam layer yang dimaksud) klik pada icon lampu.
  5. Tanda centang di sisi kiri nama layer, menandakan bahwa kita bekerja pada layer tersebut. Jadi objek apapun yang kita gambar akan masuk dalam layer yang aktif tersebut.

Catatan :

  • Buatlah layer dengan nama yang mudah dipahami, baik oleh kita sendiri maupun oleh orang lain.
  • Jangan menggambar dalam layer defpoints (biasanya layer ini sudah ada tanpa kita buat), karena objek yang masuk dalam layer ini tidak akan tercetak. 
  • Perhatikan layer yang aktif saat menggambar suatu objek, jika tidak maka objek gambar mungkin saja akan masuk ke layer yang lain.
  • Jika objek gambar sudah terlanjur masuk ke layer yang tidak kita inginkan, lebih baik segera untuk diperbaiki sebelum lupa. :)
Cara memasukkan objek ke dalam layer, pilih objek kemudian klik pada daftar layer yang telah kita buat sebelumnya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, dan kalo bener-bener bermanfaat boleh dishare. Baik pertanyaan, kritik atau saran bisa dicantumkan di kolom komentar.
Terima kasih.

Add your message to every single poeple do comment here!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search