banner here

Dasar AutoCAD #4 - Mencetak Gambar (mengatur ukuran kertas & penskalaan)

- December 02, 2017
Selamat pagi,

Mencetak gambar merupakan hal dasar yang sangat perlu untuk dikuasai. Karena kemungkinan besar setelah gambar selesai dikerjakan, kita akan diminta untuk mencetaknya. Baik hanya untuk direview terlebih dahulu, untuk acuan dalam proses pengerjaan atau untuk dokumentasi setelah gambar "sudah benar-benar jadi" (As-built drawing).

Rencananya tema kali ini akan saya bagi menjadi beberapa seri yang nantinya mungkin bisa berisi trik yang bisa dipakai dalam proses mencetak gambar. Tapi pada seri ini saya batasi pembahasan hanya pada mengatur ukuran kertas dan melakukan penskalaan saja. Mengenai penskalaan, jangan sampai kita lupa mengatur units yang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Silahkan dikunjungi juga..

Sebelum itu, mengapa keduanya saya jadikan satu paket?

Karena dalam menentukan skala gambar, ukuran kertas tentu menjadi faktor mutlak yang harus ditentukan terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu, bahwa skala mempunyai arti perbandingan antara ukuran pada gambar dengan ukuran sebenarnya. Jadi misalkan 1 : 2, maka berarti 1 ukuran pada gambar berarti 2 ukuran pada benda sebenarnya (jadi tinggal menentukan satuannya).

Mari kita mulai pembahasannya...

1. Mengatur ukuran kertas

Dalam mengatur ukuran kertas sebenarnya kita bisa menggambar manual pada tab model, namun akan lebih mudah jika mengaturnya pada tab layout. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Masuk pada tab layout

  • Klik pada icon AutoCAD di pojok kiri atas
  • Klik page setup pada menu print, maka akan muncul jendela baru

  • Klik modify, maka akan muncul tampilan jendela baru

  • Atur ukuran kertas serta printer yang digunakan
  • Pada kotak scale factor, atur menjadi 1 : 1

2. Penskalaan

Jika ukuran kertas sudah kita atur seperti pengaturan diatas, maka penskalaan akan lebih mudah dilakukan. Kita hanya perlu memilih skala pada bagian viewport scale seperti pada gambar berikut..


Viewport scale hanya akan muncul jika kita sudah masuk ke viewport. Untuk masuk ke viewport kita hanya perlu klik 2x didalam kotak dengan garis nyata seperti pada gambar diatas. 
Jika skala yang kita inginkan tidak ada pada daftar, kita bisa membuatnya sendiri dengan memilih custom.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini, mungkin akan disambung lagi ke seri selanjutnya dilain waktu. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan dicantumkan di kolom komentar dan akan saya jawab semampu saya.

Saran dan kritik akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Terima kasih.

Add your message to every single poeple do comment here!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search